Nama Yayasan Kasih Mulia (YKM) merujuk pada Kasih Ilahi Tuhan yang begitu luhur, agung dan mulia serta penuh dengan kepedulian, melampaui segala ukuran manusia. Kasih Mulia tersebut juga merujuk pada Hati Kudus Yesus, bukti nyata Cinta Ilahi yang tanpa syarat dan tanpa syarat dan tanpa berkesudahan, senantiasa dicurahkan pada umat manusia.

Dengan menyandang nama Kasih Mulia, maka YKM melalui segenap karya pelayanan yang dilakukannya ingin menjadi saksi dari Tuhan yang senantiasa terulur kepada umat manusia, teristimewa bagi mereka yang terpuruk, lemah dan tidak berdaya tanpa membedakan suku, golongan, latar belakang maupun warna kulit. Inilah yang hendak diungkapkan oleh YKM dengan memakai gambar uluran tangan.

ykm-singleTangan yang dari atas melambangkan tangan Tuhan yang senantiasa terulur untuk memberikan kasih dan senantiasa siap sedia untuk menolong. Sedangkan tangan yang di bawah melambangkan mereka yang terpuruk, lemah dan tidak berdaya dan yang mengharapkan pertolongan. Karena itu setiap orang yang turut bekerja dengan YKM diharapkan mampu menunjukkan kasih yang tulus bagi mereka yang terpuruk akibat narkoba dan mampu menjadi perpanjangan tangan Tuhan yang senantiasa terulur bagi mereka yang menderita karena pelbagai penyakit sosial jaman ini.

Yayasan Kasih Mulia berkedudukan di Jakarta, dengan kantor pusat di Jakarta Utara, Jl. Pluit Karang Permai blok T7 Selatan no. 40-42. Jakarta 14460.

Visi

Yayasan Kasih Mulia menghendaki agar dimana-mana teradapat Pelayanan-pelayanan kasih demi kemanusiaan, khususnya untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba secara pre emtif, preventif, kuratif dan berkesinambungan, dalam jaringan kerjasama dengan semua pihak yang peduli.

Misi

Yayasan Kasih Mulia akan bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya dengan:

  1. Mempromosikan nilai-nilai hidup dan kemanusiaan yang sehat secara fisik, mental, emosional, spiritual, dan sosial sejak dini.
  2. Menyadarkan warga masyarakat akan dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba.
  3. Merehabilitasi korban-korban narkoba dan kerabat dekat yang kena dampaknya.
  4. Mengusahakan kelompok-kelompok pendukung (anak menolong anak, remaja menolong remaja, dewasa menolong dewasa, keluarga menolong keluarga)
  5. Menggalakkan dan mendukung gerakan bebas narkoba serta bebaas adiksi.

Maksud & Tujuan

  1. Menolong mereka yang terpuruk akibat narkoba agar mampu bangkit kembali menjadi manusia sehat seutuhnya secara fisik, mental, sosial dan spiritual dalam semangat budaya cinta kasih terhadap sesama.
  2. Menciptakan sarana pendidikan, pencegahan dan perawatan untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba melalui pendirian pusat-pusat penanggulangan narkoba secara komprehensif, terpadu dan tanpa pamrih bagi segenap lapisan masyarakat.
  3. Membantu para mantan pecandu dalam menciptakan kesempatan dan kemungkinan yang dapat menjamin masa depan mereka yang lebih bermutu dan bermakna.
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan membantu menciptakan masyarakat bersih, sehat dan bebas narkoba sejak usia dini.
  5. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan semua pihak atau lembaga yang bersimpati pada karya-karya Yayasan Kasih Mulia baik di dalam maupun luar negri.
  6. Membentuk kelompok-kelompok relawan, kelompok kerja dan kelompok pendukung untuk penanggulangan narkoba dan pengentasan berbagai akar masalah sosial.

Pelayanan Kasih Mulia

Yayasan Kasih Mulia adalah keluarga besar yang memberikan pelayanan lebih dari sekedar kepedulian terhadap kaum muda yang terpenjara oleh kecanduan narkoba. Kami adalah orang tua dan saudara bagi mereka yang membutuhkan pemulihan jiwa total dan raganya.

Yayasan Kasih Mulia merupakan ungkapan Cinta Kasih dan Kepedulian terhadap semua pihak yang terpuruk dan tak berdaya. Khususnya mereka yang beresiko tinggi terjebak dalam beragam bencana kehidupan. Penanggulangan narkoba adalah aspek terbesar dari manifestasi kepedulian YKM kepada anak-anak bangsa saat ini. Karena itulah maka semua nama pelayanan YKM diberi tambahan kata PARAHITA (bahasa Jawa Kuno) yang berarti PELAYANAN SESAMA KARENA KASIH PEDULI).

kp-singlePelayanan Sesama Karena Kasih Peduli terungkap secara jelas dalam logo pelayanan YKM. Logo ini mengungkapkan empat orang bergandengan tangan, sebagai lambang kekeluargaan, kesatuan, persatuan, kekuatan dan komitmen bersama atas dasar cinta dan kepedulian timbal balik. Mereka mewakili manusia dari empat penjuru angin.

Menurut filosofi keberhasilan, “kita sendiri harus bekerja keras supaya berhasil, tetapi kita tak mungkin berhasil tanpa adanya orang lain”. Karena itu kerjasama semangat cinta dan kekeluargaan akan memperlancar keberhasilan kita.

Maka benarlah pepatah : “Bersatu kita teguh, berpisah kita runtuh”. Maka hidup komunitas adalah model dan metode pengembangan dan pemulihan kepribadian.

Pelayanan-pelayanan YKM terdiri dari :

  1. Gerbang Parahita : Pusat kontak awal dengan YKM dan pelayanannya. Disini terdapat kantor pusat, klinik, tempat konsultasi, pelayanan pemulihan rawat jalan, kantor organisasi-organisasi lapangan atau pendukung, dst.
  2. Kedhaton Parahita : Panti rehabilitasi inap yang sejak 20 Agustus 2005 berlokasi di Bukit Sentul – Bogor. Disini tersedia layanan komprehensif dan terpadu dilengkapi fasilitas prima bagi pria dan wanita yang terbelit kecanduan narkoba : sementara di Slipi, Jakarta – Barat akan dibuka sentra layanan satu atap (one stop service center) dengan kualitas terapi yang dapat diandalkan.
  3. Persada Parahita : Life Center untuk mempromosikan kehidupan pribadi dan masyarakat yang sehat secara holistik bernuansa lingkungan termasuk fasilitas retret/meditasi, kebugaran, rekreasi, pelatihan ketrampilan, kursus-kursus, seminar, dsb.
  4. Dayaka Parahita : Gerakan pelayanan Sebaya Menolong Sebaya menuju hidup sehat yang semakin bermutu dan bermakna tanpa adiksi dan polusi.
  5. Jembatan Parahita : Gerakan pelayanan yang menjembatani anggota-anggota keluarga dan kerabat dengan anak atau pihak yang terpenjara oleh perilaku adiksi.
  6. Marga Parahita : Self Help Group yang adalah teman perjalanan bagi sesama pecandu, kambuhan/mantan pemakai (Recovering Addicts).
  7. Mitra Parahita : Jasa pelayanan kasih lewat badan-badan atau kelompok-kelompok lain berupa kerjasama, saling menolong dan join action.
  8. Gema Parahita : Media komunikasi untuk mantan pecandu, orang tua dan kerabat mantan pecandu dan para pemerhati penanggulangan narkoba.
  9. Parahita Education Provider : Tempat pelatihan dan belajar para professional di bidang adiksi dalam upayanya meningkatkan kompetensi diri.

Menolong sesama manusia melampaui batas terapi penanggulangan kecanduan narkoba adalah salah satu esensi dari keberimanan setiap insan ciptaan Tuhan dan itulah juga komitmen total YKM yang akan terus dikembangkan dalam rangkat ikut menciptakan keluarga-keluarga Indonesia yang memiliki budaya hidup sehat, hidup yang lebih bermutu dan bermakna.

YKM hadir untuk tujuan mulia. Pintu kami terbuka lebar untuk semua pihak yang memiliki visi yang sama. Partisipasi anda dalam mendukung kami merupakan bentuk kepedulian bagi mereka yang membutuhkan pertolongan, khususnya anak-anak bangsa yang masih terpenjara oleh kecanduan narkoba.